6.05.2009

Linda dan Karmanya part I (The beginning…story of a tiny young woman)

sejak sebulan menghilang dari peredaran di dunia blog, aq memperoleh beberapa pelajaran dan kisah dari beberapa teman. makanya, saking kepikiranya aq pengen membagi curahan hatiku sama teman-teman blogger yang maniez en cuakep, tapi tetep aq yang imoet en maniez *g mau kalah nih ha ha ha*. btw, curhatan begini ga bakalan dituntutkan???!! takyut niy, nanti berakhir kayak mba Prita curhat berujung bui…hiiiiiiii…scary!!!

mungkin kalian pada nanya koq judulnya linda dan karmanya, apa hubungan-nya dengan teh linda. ow ow ow… ini bukan tentang teh linda, kebetulan aja namanya sama. klo teh linda dari Bandung nah linda yang satu ini dari Tolitoli, Sulawesi tengah, kota dimana aq dilahirkan en dibesarkan kemudian didepak ke Makassar ketika berumur 19thn. linda adalah sepupuku, walopun kita sepupunya dah jauh banget tapi aq tetap anggap dia sebagai adikku sendiri. sekitar sebulan yang lalu tepatnya 30 April linda menginjakkan kakinya ketanah para daeng *istilah lain untuk Makassar*. jujur aja, aq sempat kaget pas tau dia dah di Makassar soalnya dia ga confirm sama sekali klo dia jadi datang, walo sempat kesal tapi aq senang juga pas dia datang ke rumah aq yang super duper nyaman. hari itu juga aq minta dia buat nginep dirumah aq, soalnya aq dah kangen cerita-cerita ma dia. linda baru menyanggupi pas hari kamis.

linda akhirnya datang juga, malam itu kita cerita banyak banget tapi seru lho soalnya dah lama ga cerita-cerita ma dia dan tentu saja logat asli khas menadonya kental banget menghiasi cerita kita ha ha ha *jadi kangen ma kampung kuw*. oiy, aq belum kenalin dia secara detail, namanya linda masih berumur 19 thn, orangnya kecil en imoet, papanya berdarah gorontalo-pakistan, mamanya menado asli, dua-duanya dah meninggal tepat linda berumur 2.5 thn adiknya vera masih bayi waktu itu. linda pindah ke tolitoli pas umur 3 thn dia diadopsi ma saudara papanya kebetulan mereka cuman punya satu anak perempuan, linda diangkat sebagai adik. sayang, yang menjadi orang tua angkatnya membedakan kasih sayang antara anak kandung dan bukan. sejak kecil hari-harinya tidak lebih dari cacian dan makian, aq tidak pernah melihat ortunya memperlakukan dia sebagai anak yang dikasihi. tapi aq ga bisa ceritakan secara detail perlakuan itu seperti apa yang jelas verbal, physical, and psychology abuse are included. Those kinds abuse waktu itu masih dipandang sebagai hal yang wajar dalam rumah tangga, padahal sama sekali ga boleh dan itu yang mempengaruhi kondisi psikologi linda sekarang.

lanjut lagi… malam itu kita cerita-cerita, aq juga sekalian nanya apa hanya karena pacarnya dah dimakassar makanya dia pindah dimakassar juga. katanya sih tujuan utamanya karena dia sudah tidak tahan tinggal ditolitoli makanya dia pindah kemakassar, tapi tetep aja alasan utamanya karena pacarnya dah dimakassar *diambil dari prespektif aq*. gak berapa lama tiba-tiba dia bilang begini*maap dialognya masih berbahasa asli*:

Linda : mungkin kita mo mati muda sto (matanya sayu keliatan banget klo hatinya lagi penuh)

Suzhu : kiapa nga bilang bagitu? (asli kaget)

Linda : Nyanda…(tarik nafas dalam2) kita dapa inga kita pe-ortu yang meninggal muda dang, jadi mungkin mo begitu sto kita.

Suzhu : ado..kalo yang itu kita nda bisa komen, yang kita tau jalani saja yang skarang ada di depan mata, urusan nga mo meninggal kapan itu nanti.

Linda : kita pe takdir sto bagini terus hidupku…mungkin juga karmanya dorang papa deng mamaku yang pas dorang pe muda banyak bekeng salah sama orang.

Suzhu : karma?!! memang jaha bagaimana ka nga pe mama deng papa dulu

Linda : kita pe mama *mama angkat* bilang kita pe hidup soe *sial* bagini lantaran dorang jadi kita deng vera batanggung depe karma, makanya kita terima dang kita pehidup yang bagini, hidup tidak seperti ngana.

Suzhu : memang nga hidup cuma mo ba tanggung orang lain pe kesalahan? apa so itu karma? memang hidupku enak-enak turus. (linda hanya bisa diam)

Suzhu : jadi ngana tidak pantas hidup yang lebe bae?

Linda : iyo, jadi kita skarang jalani karmanya dorang

Suzhu : Hamae….linda memang Tuhan mo lia nga pe hidup jaha turus nyanda ada enaknya…pe talalu le…setahuku hidup itu kitorang yang jalani mo bagus jalannya ato tidak itu tergantung pilihan mu!

Linda : iyo e…

Suzhu : jang cuma “iyo e…” tapi dimengerti, nga tau ka apa kita pe maksud?

linda diam saja waktu aq bilang begitu, entah dia mengerti maksud aq ato tetap memilih untuk hidup dengan karma orang tuanya. saat itu aq cuman bisa melihat pikirannya yang terbagi oleh cinta, mati dan hidup. aq hanya bisa memberikan pandanganku tentang karma yang ada dikepalanya, dan linda harus menentunkan jalan hidupnya sendiri. aq pun jadi bertanya-tanya karma itu seperti apa?? bagaimana bentuknya? haruskah orang lain yang tidak ada pada masa itu menanggung karma dari orang yang melakukannya? apa linda tidak punya hak untuk merasakan hidup yang lebih baik karena karma? whoa….!! setahuku hidup dan nasib itu ditentukan oleh kita, di depan kita ada dua jalan yang baik dan yang tidak. kedua-duanya punya konsekuensinya masing2, tergantung kita bagaimana membawa diri.

34 comments:

IHSAN on June 5, 2009 at 4:08 PM said...

bermain-main dengan karma ya?

klo bermain2 dengan takdir bagaiamana?

zujoe on June 5, 2009 at 4:11 PM said...

karma yang di plurk :g: jiahhahhh...

mocca_chi on June 5, 2009 at 4:13 PM said...

:j:

di aku ada istilah karmapala, kehidupan yg kita jalani sekarang akibat karma masa lalu dan kehidupan lampau. tpi.... smeua tergantung sih, tergantung di puhun kelapa belakang rumah

hiiii

zujoe on June 5, 2009 at 4:13 PM said...

btw... kalo aku tuhh nggak ada yang namanya karma turunan... apa yang kita perbuat ya hasilnya akan kita dapet sendiri... :b: *seriuss ceritanya**

renspandy on June 5, 2009 at 4:38 PM said...

adoo.. agak mumet baca dialognya.. hehe.. maklum idiot sih saya...

karma sih gak bisa diwarisin..
we own our own karma...

eh, eh, jadi mbak ama om joe di Makassar nih??
(baru tau) :D

suzhu on June 5, 2009 at 6:27 PM said...

@Ihsan: wah aq ga pernah bermain2 dgn takdir cuman dgn meong aja...

@zujoe: wah koq plurk cih..itu mah temat nongkrong jonk ma vie_three

@mocca_chi: karmapala tuw apaan? btw, aq cuman punya pohon mannga itu blh yaks?

respandy: oh no dont call ur self idiot soalnya pinter nulis cih.. iya ny aq ma joe di makassar

Robby Hakim on June 5, 2009 at 7:13 PM said...

malam, saya mengajak mas untuk mendapatkan backlink dengan sistem MLM, apakah mas tertarik, silahkan lihat artikelnya di website saya :)

Seti@wan Dirgant@Ra on June 5, 2009 at 7:45 PM said...

Aku tetangga dengan si Linda di Kota Daeng :k:

Ayas Tasli Wiguna on June 5, 2009 at 8:01 PM said...

aduuh pusing juga mikirin si linda, karma t g ada lindaaaa..... bilangin ya suzhu..!!!

jawad on June 5, 2009 at 8:32 PM said...

hi...
salam kenal!!!

donalduck on June 5, 2009 at 9:23 PM said...

betul suz.. Allah sudah menetapkan 2 jalan, kebaikan atau keburukan, tinggal memilih... slm sayang ya buat linda, semoga dia semangat hidup!
*jadi pengen ikut ngrumpi sama kalian deh...*

buwel on June 5, 2009 at 10:48 PM said...

jadi inget karma plurk ku yang nol...hehheehhe

wiyono on June 6, 2009 at 10:46 AM said...

greet to recognize from us of blogger beginner
the content yours this blog give inspiration to readers. at one blow of knowledge which is good for..
successful hopefully always in everyday activity.
jangan lupa kunjungan baliknya ya

vie_three on June 6, 2009 at 11:51 AM said...

huwakakakakakak iya2 pertama baca aq kirain ini kamsudnya teh linda sama karmanya yg di plurk ntu.... ternyata oh ternyata lagi curhat toh...... :g:

vie_three on June 6, 2009 at 11:52 AM said...

walah aq juga jadi teringat karmaku yg makin turun niy gara2 udah jarang nongkrong di plurk..... mbak suzhu sendiri kapan punya plurk??? zujoe ajah punya, masak kalah sama zujoe.... hwehehehehehehe

biar kita bisa gosip2 di plurk..... hohohohohoho :j:

vie_three on June 6, 2009 at 11:55 AM said...

eh daritadi belum mengomentari artikel niy..... btw anyway busway mbak nih yak.... aq bingung ntu sama percakapannya...... :b:

Neng Aia on June 6, 2009 at 12:00 PM said...

buka kamus bahasa manado dulu...


adeuh sedih juga denger curhatan Linda yah! SEMANGAT LINDA!!

♥ Neng Aia ♥ on June 6, 2009 at 12:02 PM said...

haduh,, ga pake account,, ga nambah deh!!

lagi aaaaaaaaachhh.... :g:

♥ Neng Aia ♥ on June 6, 2009 at 12:12 PM said...

ngalahin ayas aaaaaaahhh.... :k:

vie_three on June 6, 2009 at 12:20 PM said...

udah ach daritadi nyepamm mulu niy.... hweheheehehe :g:

ywdah wes aq mau lanjut lagi blogwalking :n:

vie_three on June 6, 2009 at 1:20 PM said...

mbak suzhu tadi lupa memberitahu ada award untuk mbak suzhu..... diambil yak :c:

zujoe on June 6, 2009 at 1:54 PM said...

:b: waaaatttt....??? mamak v3 pittnahhh... :d: :l:

Sang Cerpenis bercerita on June 6, 2009 at 2:23 PM said...

ini saudaranya si zujoe ya? kok mirip namanya.

Sang Cerpenis bercerita on June 6, 2009 at 2:23 PM said...

sudah kuduga pasti lagi ngomongin Lindabelle. he he he...

Dunia Polar on June 6, 2009 at 5:49 PM said...

wah linda dr menado yah, kenalin donk,huehehehe....

ajie on June 6, 2009 at 9:38 PM said...

Q follow ya
follow back

Henny Y.Caprestya on June 7, 2009 at 11:33 AM said...

:f: kucatat namamu supaya bisa terus dikunjungi
salam kenal ya

^3^ on June 8, 2009 at 9:17 AM said...

wah...aq ketinggalan nich...

zujoe on June 8, 2009 at 11:46 AM said...

:a: aku juga pura-pura ketinggalan ahh hohohoho...

zujoe on June 8, 2009 at 11:46 AM said...

senam pagi di sini sambil maen bola ahh.... :m:

Linda Belle on June 8, 2009 at 3:51 PM said...

karmaku turun :(

loh ini bukan plurk toh hehe...

Linda Belle on June 8, 2009 at 3:51 PM said...

waiiittt...

itu pembicaraannya roaming banget...gak ngerti..
kita pe nda ngarti apa yg dorang bicarakan...

haiyaahhh

Linda Belle on June 8, 2009 at 3:53 PM said...

karma?

hhmm...mnrt aku sih semua orang punya jaln hidup masing2, gak ada kata karma di kamus pribadiku

yang penting kita selalu bersyukur aja atas apa yg diberikan Tuhan...semua perjalanan hidup kita ini adl suatu pembelajaran hidup, apakah kita bisa ato sanggup menghadapinya ato tidak.

(wah...aku bs menulis serius jg hihiihi)

Berbagi Prediksi Skor on August 31, 2013 at 5:26 PM said...

Thanks to your article, if you have much time please visit this Download Lagu Siti Badriah - Andilau (Antara Dilema Dan Galau) and this information Informasi Kesehatan Terbaru. give a rating to my post on Free Download Lagu, From my hompege Dicoba.Info. thanks guys, see you next time.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment

Silakan berkomentar di sini dan terimakasih atas komen anda, saya akan segera mengunjungi Blog anda.

 

Followers

suzhu BITES Copyright © 2009 Pinky Bites design by zujoe script by ipietoon Emoticon by Emocutez