6.10.2009

Linda dan karmanya Part III end (In the factual mean)

hampir beberapa hari ini sejak aq curhat tentang pikiran dan pendapatku tentang karma linda, aq banyak mendapat masukan pandangan dari teman-teman blogger yang ngasih komen. ada yang percaya karma, ada juga yang tidak. dibalik itu semua perbedaan pendapat yang muncul memberikanku motifasi untuk mengenal karma, soalnya ga adil apabila melihat sesuatu hanya dari prespektif kita sendiri.

ada beberapa blogger yang bertanya “apa sih karma?”

pertanyaan itu sungguh menggelitikku untuk mencari informasi tentang karma dan Binggo…!! aq dapat informasinya dari Wikipedia dan sebuah situs bernama Siutao.com. aq perlu menanggalkan egoku dan membacanya berulang-ulang supaya mengerti apa yang dimaksud dengan karma dan memposisikan diriku dengan prespektif yang sama. karma berasal dari bahasa sangsekerta yang memiliki arti perbuatan. nah, karma itu sendiri terbagi dalam dua pengertian yakni pengertian karma dalam Hindu dan Budha.

menurut Paramhans Swami Maheshwarananda, karma terdiri dari empat jalan, yakni melalui pikiran, perkataan, tindakan yang kita lakukan dan tindakan yang kita instruksikan terhadap orang lain. hal yang sama juga diungkapkan Yop Hon Kiong yang mengatakan bahwa karma mempunyai arti perbuatan atau juga dapat disebut dengan hasil perbuatan itu sendiri.


menariknya, ternyata karma tidak selalu berkonotasi buruk, karena karma terbagi atas dua, yakni karma baik dan karma jelek. seseorang yang terkena karma berarti dia sedang menjalani hasil dari pebuatan yang telah dia lakukan dimasa lampau ataupun pada saat itu juga. nah, ini juga tergantung dari hasil perbuatan yang dilakukannya apakah perbuatan baik atau perbuatan buruk terhadap orang lain atau dirinya sendiri. ada lagi yang cukup menarik perhatianku sewaktu membaca di Siutao.com, katanya karma diperlukan untuk membentuk karakter seseorang untuk menjadi orang besar.

mungkin dalam pengertian awam karma sering dikaitkan dengan hal-hal yang berkonotasi negative. walaupun yang melakukan perbuatan jelek adalah orang lain, sering dikaitkan dengan turunan-turunan yang akan mendapatkan karma dari perbuatan tuanya. bahkan, karma cenderung terdengar seperti kutukan. namun, dari hasil yang aq peroleh dari membaca karma dalam makna sesungguhnya, karma tidak seperti itu. malahan, karma adalah proses dimana manusia belajar untuk memperoleh tujuan hidupnya yang disebutkan sebagai mengerti atau pengertian, klo manusia bisa mengerti dan mengambil hikma dari karma yang dijalaninya maka ia telah menjalankan karmanya.

mengenai karma turunan ada atau tidak. untuk saat ini aq belum memperoleh data yang lengkap tentang itu. tapi satu kesimpulan yang pasti, perbuatan (karma) yang kita lakukan didunia adalah jalan kita untuk menempa karakter kita untuk lebih baik dan super dan kita sendirilah yang betanggung jawab atas buah dari perbuatan itu. So diperlukan nila setitik untuk merusak susu sebelangan dan diperlukan bersakit-sakit dahulu untuk bersenang-senang kemudian.

sumber: wikipedia & siutao.com

30 comments:

zujoe on June 10, 2009 at 1:40 PM said...

pertamaaaxxx..... :g:

zujoe on June 10, 2009 at 1:41 PM said...

keduaaaxxxx.... :n:

zujoe on June 10, 2009 at 1:41 PM said...

ketigaaxxx.... baru baca :b:

zujoe on June 10, 2009 at 1:44 PM said...

hmmm.... masih seputar karma yaa....

tetep pada pendirian.. entah karma ato bukan adalah kita harus berpijak pada kaki sendiri..

jangan pernah pinjem kaki orang lain karena nggak bakalan di pinjemin..

kalo maksa pasti kita bakalan di timpuk sampe benjut..

Linda Belle on June 10, 2009 at 2:10 PM said...

kelimaxxx

Linda Belle on June 10, 2009 at 2:12 PM said...

tau gak siih...
tadi di plurk Fanny bedoa utk kesehatanku krn aku sakit ...dia lihat di blog kamu say ahhahahahah ternyata dia salah orang :D

Linda Belle on June 10, 2009 at 2:13 PM said...

karma plurk ku naik kok hihihi
kecuali minggu krn suka males online and ngethread...mendingan bobo

vie_three on June 10, 2009 at 3:13 PM said...

mbak nyepammm dulu belum ngoment..... :c:

Dunia Polar on June 10, 2009 at 3:14 PM said...

karma itu ada lohh.....coz tuhan itu adil
btw ni lomba banyak2an komen yak.hihihi...

ghielz on June 10, 2009 at 3:31 PM said...

bener sis, karma itu memang bener2 ad, dan gw juga sempet ngerasain dan hampir sama lah gitu, pokonya, jalanin hidup dengan baik and keep di jalan yang benar

Ariesvio on June 10, 2009 at 3:40 PM said...

Saatnya...selalu berbuat yang baik...agar buah kebaikan selalu bersama kita
Salam....

budhi on June 10, 2009 at 3:41 PM said...

Mari bersama Menta Masa Depan Selagi Masih Muda.Jadilah Milyader Sukses....
Makasih

vie_three on June 10, 2009 at 3:47 PM said...

di jawa juga gitu loh, urusan karma juga gak dianggap remeh.... beneran inih.... :l:

vie_three on June 10, 2009 at 3:49 PM said...

yg penting jika kebaikan yg kita tanam sekarang maka kebaikan juga yg akan kita petik.... begitu pula sebaliknya... hohohohoho aq sedang serius niy kayaknya..... :l:

edylaw on June 10, 2009 at 4:10 PM said...

Nice posting....aku masih belom gitu ngerti :D

mocca_chi on June 10, 2009 at 4:28 PM said...

ada tiga karma kalau di aku sih,yg kita nikmatin sekarang dair masa lalu, sekarang dari masa sekarang, dan di masa depan dari perbuatan kita sekarang, dan karma itu wajib ada, kr yg nerima karma itu adalah kita sendiri.

halah ngacooo

mocca_chi on June 10, 2009 at 4:28 PM said...

duh, jadi serius ya komentnya, padahal karmaku di plurk turun... ga pernah ngeplurk lagi si. hiii

donalduck on June 10, 2009 at 5:58 PM said...

karma... hehe... gak tau ya, suz, aku ga kenal karam eh karma.. yg aku tau di Al Quran tertulis, bahwa setiap perbuatan itu ada balasannya, smoga kita selalu menulis dan berbuat kebaikan yah suz...

salam sayang buat linda, smg masalahnya cpt kelar...

bunga raya on June 10, 2009 at 6:32 PM said...

berkunjung di sore mencari sobat dunia maya untuk bertukar info

kakve-santi on June 10, 2009 at 7:53 PM said...

saya keberapakksss nih..??
hehehehe...
:l: :n:

anggaarie on June 10, 2009 at 8:43 PM said...

postingannya seru n serius, tapi baca komen2-nya malah ketawa ndiri...

btw, aku urutan 21 kalo ga salah, atasku berarti 20 :g

AeArc' on June 10, 2009 at 9:44 PM said...

ke berapa ya..? ke dua-duaaxxxxx

mareas nami sipayung on June 10, 2009 at 10:07 PM said...

********KONTES BLOG Klik DISINI ***********

J O N K on June 11, 2009 at 3:45 AM said...

hehehe, maaf baru ke sini heuheuheu, kalau masalah karma gimana ya :D

tapi saya sih percaya, kalau kebaikan bakala di bales dengan sebuah kebaikan, dan kejahatan pasti ada balesannya :D

J O N K on June 11, 2009 at 3:45 AM said...

hehehe, pada nyepam ya di atas ?? ikutan ahhh heuheuheu

buwel on June 11, 2009 at 3:13 PM said...

Duuuh tentang karma aku sebenernya nggak paham mbak, tahu karma juga pas kenal ama plurk...hehehheh...
tapi kalo tentang karma jadi inget kata2 kalo kebaikan sekecil apapun yang kita perbuat pasti ada balesannya..

renspandy on June 11, 2009 at 3:53 PM said...

IMHO, yaaah.. kalo karmanya baik, kayaknya kita males deh buat ngaitin ama peristiwa masa lalu. biasa laaah.. kalo uda 'seneng-seneng' biasanya kita sering 'lupa'.. makanya karma identik ama yang jelek..

furniture indonesia on June 25, 2009 at 5:17 PM said...

karma?bisa jd itu ada karena perbuatan kita.

AeArc' on July 15, 2009 at 9:02 PM said...

walah2.. skalian aja bikin sinetronnya,, :G:

Free Download Lagu dan Lirik on August 31, 2013 at 5:25 PM said...

Thanks to your article, if you have much time please visit this Download Lagu Eminem feat. Liz Rodrigues - Survival and this information Download Lagu Shally Gogent - Tanpa Sensor. give a rating to my post on Download Lagu Willy Winarko & Dara - Suara Perjuangan, from my hompage Download Lagu di GOLagu.com. thanks guys, see you next time.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment

Silakan berkomentar di sini dan terimakasih atas komen anda, saya akan segera mengunjungi Blog anda.

 

Followers

suzhu BITES Copyright © 2009 Pinky Bites design by zujoe script by ipietoon Emoticon by Emocutez